KOTAMOBAGU– Pusat perbelanjaan di Kotamobagu, direncanakan akan dipasang portal elektrik. Alat ini pun akan dipasang di beberapa tempat hiburan dan rumah sakit.

Pemasangan portal elektrik tersebut, untuk memacu Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Pemerintah akan gunakan sistem portal elektrik seperti di kota besar untuk memaksimalkan PAD,” ungkap Kepala Seksi Perparkiran, Dinas Perhubungan (Dishub) Kotamobagu, Sultari Makalalag, Selasa (28/8/2018).

Ia mengungkapkan, PAD Dishub saat ini hanya berharap dari pendapatan Enam pos parkir yang beroperasi sejak lama.

“Pendapatannya rata-rara per hari terkumpul berkisar 5 jutaan rupiah,” ungkapnya.

Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Dishub Kotamobagu, Hisam Paputungan, menambahkan, tahun ini target PAD retribusi parkir Rp1,8 miliar. Dimana lebih besar dari tahun 2017 sebesar Rp1,2 miliar.

Menurutnya, target tersebut tidak mungkin bisa dicapai hanya dengan mengharapkan retribusi yang didapatkan dari enam pos yang tersebar di kompleks pasar serasi.

Sejak bulan Januari hingga Agustus PAD dari parkir baru sekitar Rp800 juta, rata-rata per bulan pendapatan dari enam pos Rp80 sampai 90 juta rupiah.

“Sehingga itu, kami harus memutar otak lagi, mencoba mencari pendapatan lain seperti tempat hiburan, pusat perbelanjaan, rumah sakit dan potensi lainnya. Nah rencananya kami akan memasang portal elektrik seperti yang diterapkan di Kota besar,” ujarnya.