KOTAMOBAGU– Pertumbuhan penduduk terus mengalami peningkatan di tiap tahunnya. Sebagai solusi, program keluarga berencana (KB) dimaksimalkan.

Untuk mencapai itu, Pemkot melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kotamobagu melakukan pembekalan bagi 38 Pembina Keluarga Berencana Desa (PKBD).

“kegiatan ini rutin digelar. mereka adalah kader perpanjangan tangan kami di lapangan yaitu di tiap desa dan kelurahan. Mereka terdiri dari Bina keluarga balita, remaja dan lansia,” kata ujar Kepala Dinas PPKB, Aljufri Ngandu, Rabu (15/08/2018).

Ia menjelaskan, tugas dan fungsi dari anggota PKBD yaitu untuk melakukan pembinaan terhadap pasangan usia subur.

“Kemudian dari usia subur itu mereka mendata siapa yang belum ikut program KB, selain itu, mereka juga akan membagikan Pil KB ke masyarakat,” jelasnya

Untuk sasarannya, lanjut mantan Kabag Humas Pemkot ini, yaitu bina keluarga balita, remaja, dan lansia.  Bina keluarga balita, sasarannya keluarga yang punya balita, bina keluar remaja yaitu keluarga yang punya remaja dan bina keluarga lansia, keluarga yang punya lansia.

“Nantinya mereka akan berikan penyuluhan bagaimana menjadikan balita itu balita yang cerdas, bagaimana mereka memberikan tentang bagaimana tumbuh kembang anak, dan begitupun lansia,” pungkasnya