KOTAMOBAGU– Menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus, banyak dimanfaatkan untuk menggelar berbagai kegiatan.

Seperti di SMP Negeri 1 Kotamobagu. Selain lomba lari karung yang diikuti oleh para guru dan siswa, pengibaran bendera pun dijadikan lomba antar siswa di sekolah ini.

Para siswa pun mengaku senang dan bangga bisa ambil bagian di lomba pengibar bendera ini.

“Kami senang dan berharap kegiatan ini bisa terus rutin digelar agar kami bisa terlatih bagaimana cara mengibarkan bendera kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia,” kata Vini Momintan, siswi kelas VIIIB.

“Saya dan teman-teman lain belum pernah menjadi pengibar bendera selama di SMP. Nah, ini kesempatan kami untuk belajar agar bisa ambil bagian juga saat upacara bendera di sekolah,” tambahnya.

Kepala SMP Negeri 1 Kotamobagu, Hendra Mokoagow, S.Pd, mengatakan kegiatan digelar dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan serta memupuk rasa nasionalisme para siswa.

“Selain untuk memeriahkan hari kemerdekaan, lomba pengibar bendera ini bertujuan untuk memupuk rasa nasionalisme para siswa,” ujar Kepala SMP Negeri 1 Kotamobagu, Hendra Mokoagow,

Lanjutnya, pihak sekolah telah menyiapkan hadiah bagi para pemenang lomba.

“Agar semangat mereka terus tumbuh dan termotivasi maka tetap akan diberikan hadiah hiburan. Intinya bagaimana para siswa ini dapat memahami arti kemerdekaan bangsa Indonesia,” ujarnya.