KOTAMOBAGU– Menjelang Hari Raya Idul Adha, 22 Agustus mendatang, Pemkot Kotamobagu akan melakukan pemeriksaan hewan kurban di pasaran.

Hal ini dilakukan, untuk mencegah penjualan hewan kurban yang tidak layak dikonsumsi oleh masyarakat.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM) Herman Aray, mengatakan pihaknya akan melakukan pengawasan penjualan hewan kurban di pasaran.

“Pengawasan akan dilakukan jelang Idul Adha. Nantinya kami akan berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Perikanan, Satpol PP, untuk memeriksa kelayakan daging kurban untuk dikonsumsi,” ujarnya.

Lanjut dia, pedagang harus menjual hewan kurban yang berkualitas dan tidak berpenyakit.

“Masyarakat juga harus selektif memilih hewan kurban, sapi maupun kambing sebelum dibeli. Sebab ini akan dikonsumsi oleh masyarakat sehingga harus benar-benar terhindar dari penyakit hewan,” katanya.

Jika dalam pengawasan tambah Aray, pihaknya menemukan adanya hewan kurban yang sakit dan tidak layak diperjual belikan, maka akan ditarik dari pasaran.

“Nanti kita akan turun memeriksa kondisi hewan kurban dulu. Selanjutnya nanti ada tim khusus yang menangani pemeriksaan kesehatan hewan,” tutupnya.