KOTAMOBAGU– Pelaksanaan deklarasi semangat kemerdekaan yang diprakarsai Pemkot Kotamobagu, TNI dan Polri, di Lapangan Boki Hotinimbang, berlangsung meriah.

Deklarasi ini dihadiri ribuan siswa sekolah hingga mahasiswa, ASN dan masyarakat. Bendera dengan panjang 117 meter pun dibentangkan dan 1945 bendera dikibarkan.

Dalam sambutannya Wali Kota Tatong Bara, mengatakan sebagai warga negara Indonesia, wajib mengenang jasa para pahlawan bangsa.

“Menjadi kewajiban seluruh bangsa Indonesia untuk senantiasa mengenang jasa para pahlawan bangsa serta menjaga persatuan dan sikap rela berkorban,” kata Tatong.

Dengan menanamkan jiwa nasionalisme lanjut Tatong, akan mampu menangkal ancaman dinamika global.

Baca : Kibarkan Merah Putih, Bakar Semangat Ribuan Siswa di Lapangan Kotamobagu

“Tentu menjadi kewajiban kita sebagai generasi untuk mengisi kemerdekaan dengan upaya produktif dan inovatif disegala pembangunan demi kemajuan bangsa dan negara,” ujarnya.

Ia berpesan, dengan mengusung tema Kerja Kita Prestasi Bangsa, perayaan HUT ke-73 RI, harus menjadi pemicu dan pemacu semangat kebangsaan.

“Tema ini tentunya dapat menjadi pemicu dan pemacu semanga kita untuk berperan aktif dan kerja keras membangun bangsa,” ucapnya.

“Saya sangat berharap bagi siswa dan mahasiswa serta generasi muda di Kotamobagu dapat meningkatkan jiwa partriotisme dan nasiolaisme. Serta jauhi narkoba dan tingkatkan prestasi,” harapnya.