HUKUM – SM alias Stella, bersama sejumlah tergugat II intervensi/pembanding, mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) setelah dinyatakan kalah lewat putusan banding Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Makasar Nomor 48/B/2018/PT.TUN Mks Tanggal 7 juli 2018.

Putusan tersebut dikuatkan dengan dikabulkannya gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Manado (PTUN) Manado lewat Nomor 40/G/2017/PTUN Mdo, tanggal 9 Januari 2018.

Humas PTUN Manado Tiar Hardi mengatakan, tergugat, telah mengajukan Kasasi yang telah disampaikan kepada PTUN Manado pada Tanggal 10 juli 2018.

“Tanggal 10 juli 2018 dari pihak Stella Mokoginta selaku tergugat II intervensi, telah mengajukkan upaya kasasi,” ujarnya.

Baca : Hakim Tenangkan Tergugat Yang Emosi Saat Sidang Sengketa Tanah di Gogagoman

Diitanya soal upaya kasasi dari tergugat/pembanding lainnya, yakni Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kotamobagu, ia mengaku, upaya kasasi baru dilakukan pihak tergugat.

“Sejauh ini baru Stella Mokoginta, belum tahu karena proses pemberitahuannya baru dikirim. Dan ini masih dalam proses kasasi” katanya.

Diketahui, Kasasi merupakan salah satu upaya hukum yang dapat diminta oleh salah satu atau kedua belah pihak yang berperkara terhadap suatu putusan Pengadilan Tinggi. Semua pihak dapat mengajukan kasasi apabila tidak merasa puas dengan hasil keputusan Pengadilan Tinggi kepada Mahkamah Agung.

Terkait dengan tenggang waktu pengajuan kasasi ini, diatur dalam Undang-Undang (UU) RI Nomor 14 TAHUN 1985 Tentang Mahkamah Agung Pasal 46 UU MA.

Pertama, permohonan kasasi dalam perkara perdata disampaikan secara tertulis atau lisan melalui Panitera Pengadilan Tingkat Pertama yang telah memutus perkaranya, dalam tenggang waktu 14 hari sesudah putusan atau penetapan Pengadilan yang dimaksudkan diberitahukan kepada pemohon.

Dan pemohon kasasi, wajib menyampaikan memori kasasi dalam tenggang waktu tersebut setelah permohonannya didaftar
ke-2 apabila tenggang waktu 14 hari tersebut telah lewat tanpa ada permohonan kasasi yang diajukan oleh pihak berperkara. Maka pihak yang berperkara dianggap telah menerima putusan.