Pemain Kroasia merayakan kemenangan usai adu pinalti dengan tuan rumah Rusia pada babak 8 besar. Foto : VOAnews.

SEPAK BOLA – Kroasia dipastikan lolos ke final Piala Dunia Rusia setelah berhasil mengalahkan Inggris di semifinal dengan skor 2:1.

Gol kemenangan Kroasia yang dicetak Mario Mandzukic di menit ke 115 babak perpanjangan waktu, menghantarkan tim ini untuk berlaga di final menghadapi Perancis yang pada semi final sebelumnya mengalahkan tim Belgia.

Dari materi pemain, Perancis tentunya lebih difavoritkan untuk menang di ajang empat tahunan itu. Namun ada beberapa keunggulan yang dimiliki tim yang “tukangi” pelatih Zlatko Dalic untuk bisa menjadikan mereka juara dunia.

Dikutip dari laman ucnews, ada 3 alasan yang diyakini dapat menjadi kekuatan Kroasia dalam memenangkan laga final di stadion Luthzniki pada Minggu (15/7/2018) pukul 22.00 WIB.

Kapten Timnas

Sifatnya yang pemalu sehingga banyak yang meragukan atas penunjukan Luka Modric sebagai kapten Timnas Kroasia. Pada kenyataanya, jiwa kepemimpinan andalan lini tengah Real Madrid itu mampu membawa Kroasia ke final.

Ivan Rakitic

10 tahun terakhir ia dinilai lemah di Timnas jika dibandingkan saat bermain bersama Barcelona. Ivan Rakitic berhasil membantahnya pada penampilannya di laga-laga selama piala dunia berlangsung. Peran besarnya di tim menjadi salah satu faktor kesuksesan Kroasia menembus final.

Motivasi

Sebagian besar pemain telah memasuki usia matang dalam sepak bola. Piala dunia 2018 menjadi kesempatan terakhir mereka untuk mempersembahkan hadiah terindah untuk negaranya dengan jersey kebanggaan.

Faktor lain yang ada pada tim ini yaitu pada pelatih Zlatko Dalic. Ia adalah seorang psikolog hebat dan tahu bagaimana menangani tim. Dirinya pernah mengatakan bahwa, kehadirannya di Timnas bukan untuk mengajarkan pemain tapi lebih kepada membuat mereka percaya bahwa mereka mampu melakukannya.

Penulis : Rahmat Putra