KOTAMOBAGU– Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-78, Pemkot Kotamobagu menggelar berbagai kegiatan.

Salah satunya lomba tarian Masamper. Tarian asal kepulauan Sangihe Talaud ini, mendapat antusias dari etnis Sangihe Talaud yang ada sejumlah daerah di Sulut termasuk yang ada di Kotamobagu.

Kegiatan yang digagas oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kotamobagu ini, digelar di lapangan Boki Hotinimbang, Sabtu (21/7/2018) dan diikuti oleh 16 grup Masamper.

“Kami warga Sangihe mengucapkan terima kasih kepada Ibu Walikota Tatong Bara, karena melalui lomba ini, kami merasa dipedulikan sebagai sesama warga Negara Indonesia, juga menghargai budaya kami,” ujar Daniel Makapuas, salah satu peserta Masamper.

Ia berharap, kegiatan tersebut akan rutin digelar, sebagai ajang silaturahmi sesama warga Sulawesi Utara (Sulut).

“Semoga kegiatan kebudayaan seperti ini rutin digelar sebagai ajang silaturahmi. Kami pun bangga karena budaya Bolaang Mongondow ada di daerah kami, sehingga kami bisa merasakan rasa kekeluargaan antar sesama warga Indonesia,” pungkasnya.

Baca : Kuliner dan Budaya Jadi Daya Tarik Wisatawan ke Kotamobagu

Kepala Disparbud Kotamobagu, Moh Agung Adati, mengatakan, kegiatan lomba Masamper digelar bersama beberapa kegiatan lainnya.

“Ini merupakan agenda dalam rangka HUT RI. Melalui kegiatan kebudayaan, kita pererat tali silaturahmi sebagai warga Negara Indonesia yang kaya akan budayanya. Alhamdulillah ini mendapat antusias dan dukungan dari semua masyarakat,” kata Agung.

“Masih akan banyak kegiatan, baik budaya maupun seni dan olahraga akan digelar nantinya,” pungkasnya.