Ilustrasi

NASIONAL – Pembahasan mengenai kenaikan penghasilan kepala daerah disampaikan Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) saat bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (23/7/2018).

“Masih ditampung dulu karena yang disampaikan banyak,” kata Jokowi kepada wartawan saat menghadiri Jogja Expo Center di Yogyakarta, Rabu (25/7/2018).

Jokowi mengatakan masih akan menghitung kemampuan negara, sebab, jika gaji wali kota naik, otomatis semua akan naik termasuk gaji bupati, gubernur dan menteri.

“Semuanya harus dikalkulasi, semuanya harus dihitung. Kalau kemampuan fiskal kita longgar, kenapa tidak,” ujarnya dikutip laman setkab.

Baca : Ketika Jokowi Jenguk SBY di Rumah Sakit

Selain soal kenaikan penghasilan kepala daerah, Apeksi membahas antara lain soal dana kelurahan, dana alokasi untuk infrastruktur, peningkatan kerjasama pemerintah dengan badan usaha, penambahan kuota CPNS dan penyelesaian honorer kategori 2.

Ketua Apeksi yang juga Wali Kota Tanggerang Selatan, Airin Racmi Diany, memimpin langsung 31 wali kota dan wakil wali kota saat bertemu Presiden.  

Penulis : Fachrurozy