Foto : Disparbud Bolsel.

BOLSEL – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bolsel, bakal menggelar Festival Paka-Paka Ombak, yang rencananya akan di gelar di Desa Sondana dan Desa Tolondadu 2, Kecamatan Bolaang Uki, pada Sabtu (21/7/2018) mendatang.

“Festival Paka-Paka Ombak diisi dengan kegiatan lomba memancing dan bakar ikan sepanjang pesisir pantai di dua desa tempat pelaksanaan,” kata Kepala Disparbud Bolsel, Resli Paputungan.

Persiapan dalam memeriahkan Festival Paka-Paka Ombak mulai terus dimatangkan. Selasa (10/7/2018), Disparbud bersama Panitia Pelaksana, melaksanakan rapat bersama guna membahas teknis pelaksanaan dan promosi kegiatan.

“Disparbud selaku instansi teknis akan mendukung penuh dalam menyukseskan kegiatan ini termasuk promosi dan sosialisasi,“ kata Resli.

Ketua Panitia Pelaksana Festival Paka-Paka Ombak, Bharata Prabowo Asmongin menambahkan, panitia pelaksana menargetkan 1000 peserta dapat berpartisipasi pada kegiatan ini.

“Ada 810 peserta khusus dari desa-desa yang ada di Bolsel. Sisanya kami buka untuk umum,” ujar Prabowo.

Lebih lanjut ia menjelaskan, peserta harus membentuk grup mancing. Masing-masing grup terdiri dari 10 orang.

“Selain memancing, peserta juga diwajibkan untuk ikut kegiatan bakar ikan disepanjang lokasi kegiatan,” terang pria plontos yang hobi memancing ini.

Festival Paka-Paka Ombak merupakan kegiatan yang digagas oleh anggota Bolsel Fishing Club (BFC) dan didukung oleh Pemkab Bolsel.