KOTAMOBAGU– Tim Paslon nomor urut 1, Tatong Bara dan Nayodo Kurniawan (TB-NK) optimis menang pada Pilwako Kotamobagu dengan perolehan suara di atas 60 persen.

Hal tersebut berdasarkan dua kali survei yang dilakukan oleh Pusat Demokrasi dan Hak Azasi Manusia (Pusdeham) yakni pada bulan Mei dan Juni, TB-NK meraih kemenangan 60.4 persen. Sementara pasangan JaDi-Jo bertengger di angka 37.0 persen. Yang belum menentukan pilihan sebanyak 1.6 persen.

“Survei ini dilakukan pada 6 hingga 13 Juni 2018, dengan margin of error’ plus minus 5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Jumlah sampel yg yakni 500,” ujar Konsultan Politik TBNK, Ismail Dahab, Selasa (26/6/2018).

Metode penarikan sample sendiri, menggunakan metode multistage random dengan metode wawancara tatap muka.

“Berdasarkan data survei terakhir dan data survei sebelumnya yang kami laksanakan pada bulan Mei, elektabilitas TBNK selalu diangka 60 persen,” ujarnya.

Sementara itu, dari dua kali survei pada bulan Mei dan Juni, JaDi-Jo mengalami kenaikan lebih dibanding dengan TBNK. Namun kenaikan tersebut tidak signifikan.

“Jika pada bulan Mei elektabilitas JaDi-Jo 35,6 dan pada bulan Juni 37.0 atau mengalami kenaikan 1,4 persen. Sementara TB-NK pada bulan Mei 60,8 dan pada bulan Juni 61,4 persen. Pemilih yg belum menentukan pilihan mengalami penurunan, pada bulan Mei 3,6 persen dan pada bulan Juni hanya 1,6 persen,” sebutnya.

“Dengan gap elektabilitas yang sangat jauh dan waktu yang sangat singkat, dipastikan elektabilitas JaDi-Jo tak dapat melampaui elektabilitas TBNK,” tutupnya.