Foto : Real Madrid

SEPAK BOLA – Dilaga grup B yang mempertemukan Portugal dan Spanyol di stadion Olimpiysky Fisht Sochi, Sabtu (16/6/2018), mencatatkan sejumlah rekor baru bagi Cristiano Ronaldo.

Diketahui, hasil akhir kedua tim bermain imbang 3-3. 3 gol Portugal merupakan hat-rick yang diciptakan mega bintang Real Madrid itu.

Dilansir dari laman Goal, gol pertama yang diciptakan Ronaldo dari titik putih di menit ke-4 saat babak pertama berjalan, menjadikan dirinya sebagai pemain keempat setelah legenda Brasil, Pele serta legenda Jerman Uwe Seeler dan Miroslav Klose, yang mampu membuat gol di empat laga piala dunia berbeda.

Gol yang sama juga mencatatkan sejarah bagi dirinya sebagai pemain pertama yang mampu  mencetak gol di delapan pertandingan internasional mayor secara beruntun. Dan Spanyol merupakan tim yang paling sering dibobol oleh Ronaldo dalam catatan penampilannya di Piala Dunia.

Sementara untuk hat-rick tersebut merupakan yang ke-51 dibukukan Ronaldo dalam kariernya baik di level klub maupun internasional serta merupakan trigol ke-51 yang muncul dalam sejarah gelaran Piala Dunia.

Tiga gol yang dicetak Ronaldo ke gawang yang dijaga kiper Spanyol, David De Gea, menjadikan ia sebagai pemain ketiga Portugal yang pernah membukukan hat-rick di laga piala dunia setelah Eusebio saat bertemu Korea Utara pada 1996 dan Pauleta kala bertemu Polandia pada 2002.

Gol-gol Ronaldo ke gawang Spanyol diciptakan di menit ke-4, ke-44 dan ke-88, sedangkan gol tim Spanyol dilesakan oleh Diego Costa di menit ke-24 dan ke-55. Satu gol lagi diciptakan oleh Nacho Fernandez di menit ke-58.