Salah seorang korban ambruknya lokasi PETI Bakan.

PERISTIWA – Tiga orang pekerja tambang dilarikan ke rumah sakit akibat ambruknya lokasi pertambangan emas tanpa ijin (PETI) yang terletak di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, Jumat (1/6/2018).

Peristiwa naas ini terjadi saat empat orang penambang masuk untuk mencari batuan emas di lokasi tambang milik Ted.

“Usai makan siang, mereka masuk ke lubang untuk mencari batuan emas. Sekitar pukul 12.30 WITA saya mendengar suara gemuruh, setelah dilihat ternyata lubang telah ambruk. Seorang berhasil lolos, namun 3 orang lainnya tidak,” ujar seorang saksi Yunan Mangarek (42).

Yunan dan pekerja tambang lainnya langsung menolong ketiga korban yang tertimbun. Setelah berhasil dikeluarkan, ketiganya langsung dilarikan ke rumah sakit umum (RSU) Kotamobagu dan RS Monompia.

“Karena mengalami luka-luka, ketiganya langsung dibawa turun dan dilarikan ke rumah sakit,” ujarnya.

Polisi membenarkan peristiwa ini. Polisi menjelaskan, kejadian ambruknya lokasi pertambangan akibat hujan sehingga menyebabkan lonsor.

“Masih dalam penyelidikan. Agar tidak membahayakan pekerja lainnya, lokasi tambang masih kami sterilkan,” kata Kanit Intel Aiptu M Siagian.

Sementara itu, pemilik lokasi tambang telah bertanggung jawab terhadap ketiga korban dengan menanggung biaya perawatan selama di rumah sakit.

Penulis : Rahmat Putra