Kampung Bola Desa Kopandakan I.

KOTAMOBAGU  –  Sudah lazim terlihat ketika gelaran piala dunia sepak bola antar negara, euforia menyambut kompetisi empat tahunan ini dilakukan dengan banyak cara bagi penggila sepak bola.

Dukungan tidak hanya ditunjukan warga negara yang lolos ke penyisihan piala dunia, warga negara yang tidak lolos pun ikut memberikan dukungan termasuk warga Indonesia.

Seperti pada piala dunia tahun 2018 yang di gelar di negara Rusia. Pendukung Indonesia kembali memasang berbagai bendera negara peserta. Mudah saja untuk mengenali kemana dukungan diberikan, kita hanya tinggal melihat bendera negara mana yang terpasang didepan rumah.

Salah satu yang terlihat di kampung bola desa Kopandakan I, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Kotamobagu, Sulawesi Utara. Memasuki desa ini, berbagai bendera terpasang dijalanan dan depan rumah warga. Ukurannya pun mulai dari yang kecil hingga terbilang berukuran raksasa.

Warga desa mengaku, sebagian besar warga merupakan penggila sepak bola, tak hanya iven piala dunia, warna-warni bendera negara-negara juga sering terlihat jika ada kompetisi sepak bola besar lainnya seperti piala eropa.

Namun ada yang menarik untuk tahun ini, di antara ratusan bendera negara peserta piala dunia, warga juga memasang bendera kebanggaan Indonesia yakni merah putih. Warga beralasan, dipasangnya bendera merah putih sebagai penyemangat dan harapan kelak Indonesia bisa tampil untuk berkompetisi di ajang yang menjadi supremasi tertinggi sepak bola dunia.