Presiden Jokowi saat menyampaikan keterangan pers didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur, dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung. Foto : Humas Setkab

NASIONAL – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke 13 untuk para pensiunan, penerima tunjangan, seluruh PNS, prajurit TNI, dan anggota Polri, pada keterangan pers di Istana Negara, Rabu (23/5/2018).

“Ada yang istimewa untuk tahun ini yang berbeda dengan tahun sebelumnya, THR tahun ini diberikan pula kepada para pensiunan,” kata Jokowi.

Jokowi mengharapkan adanya pemberian THR dan gaji ke-13 dapat meningkatkan kinerja ASN dan juga kualitas pelayanan publik secara keseluruhan

“Pemberian THR dan gaji ke-13 tidak hanya akan bermanfaat bagi kesejahteraan pensiunan, PNS, prajurit TNI, dan anggota Polri, terutama saat menyambut Hari Raya Idul Fitri.,” ujarnya..

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan akan mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) sehingga bisa dilakukan seluruh proses oleh satuan kerja.

Pengajuan permintaan pembayaran THR oleh satuan kerja kepada kantor pelayanan perbendaharaan negara, lanjut Menkeu, dapat dimulai pada akhir Mei ini, sehingga diharapkan dapat dilakukan seluruh pembayarannya hingga selesai pada awal Juni.

“Dengan demikian seluruh PNS, TNI, Polri, dan termasuk pensiunan akan mendapatkan THR sebelum Hari Raya Idulfitri, yaitu berakhir pada awal Juni. Jadi mulai pembayarannya adalah akhir bulan ini sampai dengan awal Juni,” jelas Sri Mulyani.

Sumber : Kemkominfo
Editor : Rahmat Putra