Kamran Muchtar, Abdul Kadir Mangkat dan Yasti Soepredjo Mokoagow saat memberikan santunan kepada anak yatim di Desa Tanoyan Selatan.

ADVETORIAL – Di bulan suci ramadan tahun 2018, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow melalui Pemerintah Kabupaten Bolmong, telah ditetapkan menjadi bagian dari tim safari Ramadan bersama Forum Koordinas Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan ASN lingkup Pemkab.

Melalui agenda yang telah ditetapkan, tim safari Ramadan yang di pimpin oleh Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, memiliki jadwal kunjungan ke 15 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Bolmong. Di mulai dari Desa Langagon, Kecamatan Bolaang pada Jumat (18/5/2018), rencana 10 hari jadwal yang ada, akan diakhiri di Desa Passi Satu, Kecamatan Passi Barat pada Sabtu (1/6/2018) nanti.

Dalam safari Ramadan, acara diisi dengan ceramah agama, buka puasa bersama masyarakat, Salat Magrib dan Isya serta Salat Taraweh di masjid setempat. Usai Salat Magrib, tim turut berbagi keberkahan bersama kaum dhuafa, anak yatim, Imam Masjid dan pegawai Syara.

Kamran Muchtar dan Mohamad Syahrudin Mokoagow hadir bersama Yasti S Mokoagow di safari Ramadan di Desa Wangga Baru, Kecamatan Dumoga Barat, Sabtu (26/5/2018).

Meski hanya di wajibkan mengikuti safari Ramadan di daerah pemilihan (Dapil), beberapa anggota DPRD terutama pimpinan DPRD, terlihat turut hadir meski bukan di Dapil-nya, karena safari Ramadan juga menjadi kesempatan untuk mensosialisasikan program pemerintah, pembangunan dan kemasyarakatan.

“Program-program yang ada saat ini maupun yang akan datang tentunya menjadi bagian tanggung jawab dari anggota DPRD, sebab dalam perencanaannya, DPRD juga ikut terlibat,” ujar Wakil Ketua DPRD dari Partai Amanat Nasional, Kamran Muchtar, saat mengikuti safari Ramadan di Desa Kinomaligan, Kecamatan Dumoga Tengah, Minggu (27/5/2018).

Tak hanya umat Muslim, non Muslim juga turut menghadiri kegiatan buka puasa bersama seperti tampak foto di Desa Dumoga Induk, Kecamatan Dumoga Timur, Minggu (27/5/2018).

Sebelumnya pada safari Ramadan di Desa Tanoyan Selatan, Kecamatan Lolayan, Wakil Ketua DPRD dari Partai Golkar, Abdul Kadir Mangkat menjelaskan, kegiatan safari Ramadan yang dilaksanakan sangat bermanfaat bagi anggota DPRD dan masyarakat.

“Selain sebagai ajang silaturahmi dan penyampaian dakwah Islamiyah, kami juga dapat mendengar langsung pendapat masyarakat atas program-program yang telah diputuskan bersama pemerintah, ataupun yang akan menjadi tolak ukur pengambilan keputusan kedepan nantinya,” terang Abdul Kadir.

Melalui safari Ramadan, baik Kamran Muchtar Maupun Abdul Kadir Mangkat menyampaikan kepada seluruh umat muslim di Bolmong untuk terus meningkatkan ketaqwaan di bulan yang penuh keberkahan ini. Keduanya juga berpesan kepada masyarakat agar selalu mendoakan keberkahan bagi daerah Kabupaten Bolmong.   

Penulis : Pratama Yudistira