Tahlis Gallang saat membuka Forum Perangkat Daerah.

ADVETORIAL – Sesuai tahapan perencanaan pembangunan, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), menggelar Forum Perangkat Daerah dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019.

Bertempat di Aula kantor Bappeda Bolmong, Kamis 29 Maret 2018, kegiatan dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bolmong Tahlis Gallang, dan dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Bolmong Kamran Mochtar, anggota DPRD, Kepala Perangkat Daerah serta sejumlah ASN lingkup Pemkab Bolmong.

Pimpinan SKPD saat mengikuti kegiatan.

Kegiatan ini merupakan wadah bersama antara pelaku pembangunan untuk membahas prioritas kegiatan dan penyelarasan program dan kegiatan Perangkat Daerah berdasarkan usulan hasil Musrenbangcam dimasing-masing kecamatan.

Forum Perangkat Daerah juga membahas terkait sinkronisasi dan finalisasi usulan program kegiatan prioritas hasil Musrenbang dengan usulan program kegiatan prioritas Perangkat Daerah. “Mekanisme ini dilaksanakan secara nasional. Ini untuk menyatukan persepsi Musrenbang melalui pokok-pokok pikiran DPRD dan melalui rencana kerja SKPD,” ujar Tahlis Gallang saat membuka kegiatan.

ASN dari sejumlah SKPD ikut menghadiri kegiatan Forum Perangkat Daerah.

Tahlis menjelaskan, dalam penentuan program prioritas di Musrenbang atau dalam penganggarannya telah mendapatkan peringkat. Penentuan peringkat berdasarkan indikator yang telah disusun. “Peringkat tertinggi dengan nilai 3 jika berada pada urutan pertama pada Musrenbangcam, selanjutnya dengan nilai 2 jika diusulkan oleh lebih dari satu anggota DPRD, sedangkan nilai 1 jika terdapat pada Renja awal SKPD. Nilainya bisa bertambah setelah lolos dari hasil verifikasi lapangan,” ujar Tahlis.

Hasil dari Forum Perangkat Daerah akan dipertajam pada Musrenbang RKPD Kabupaten Bolmong tahun 2019. Proses koordinasi yang telah terbangun, diharapkan mampu mewujudkan sinkronisasi dan harmonisasi perencanaan pembangunan daerah sebagaimana visi dan misi Bupati Bolmong Dra Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Bolmong Yanny Ronny Tuuk.

Penulis : Rama Lensun