KOTAMOBAGU – Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas III Kotamobagu menggelar sosialisasi keimigrasian terhadap pelajar di SMKN 1 Kotamobagu, Kamis, 25 Januari 2018. Kegiatan ini merupakan peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke – 68 yang jatuh pada tanggal 26 Januari.

Guru-guru dan puluhan pelajar SMKN yang tergabung dalam OSIS, mengikuti pemaparan tentang keimigrasian yang diterangkan oleh Joni Rumagit.

Menurut Kepala Sekolah SMKN 1 Kotamobagu Sartika Paputungan, kegiatan-kegiatan seperti ini sangat baik untuk menambah pengetahuan para pelajar. Bahkan kata Sartika, ada pelajar yang berkeinginan bekerja di Imigrasi.

“Disekolah ini ada pelajaran yang memberikan pemahaman tentang paspor. Dengan adanya sosialisasi ini, tentunya dapat menambah wawasan tentang keimigrasian. Tadi ada pelajar yang bertanya sekolah imigrasi, ia berkeinginan menjadi petugas imigrasi,” terang Sartika.

Baca Juga : Imigrasi Kotamobagu Kerjasama PT Pos Indonesia Kirim Paspor ke Pemohon

Kepala Kanim kelas III  Kotamobagu, Joni Rumagit SH mengatakan, pada kegiatan ini, para pelajar diberikan pemahaman akan tugas dan wewenang serta produk yang dihasilkan dari Imigrasi.

“Tugas imigrasi bukan hanya membuat paspor. Ada hal lain seperti izin tinggal, pengawasan dan intelejen keimigrasian khususnya kepada WNA. Ini yang kami paparkan kepada para pelajar,” kata Joni.

Joni Rumagit dan Petugas Imigrasi lainnya melakukan upacara tabur bunga di TMP Mongkonai, Rabu, 24 Januari 2018.

Sebelum pelaksanan sosialisasi hari ini kata Joni, pihaknya telah melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan seperti, melakukan kerjasama dengan PT Pos Indonesia dan upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Mongkonai.

“Besok upacara puncak pelaksanaan hari bhakti imigrasi dan syukurannya,” pungkasnya.