Kondisi ruang kelas SDN Sauk.

BOLMONG – Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sauk Kecamatan Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, terpaksa belajar di bangunan kelas yang kondisinya sangat memperihatinkan.

Bagaimana tidak, atapnya banyak yang bocor dengan plafon yang sudah banyak jatuh. Ditambah dinding yang sudah tak lagi menempel di kayu bangunan, sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan jiwa siswa maupun guru. Kondisi ini menyebabkan sekolah tak layak untuk melaksanakan proses belajar mengajar.

Tony E. Sirang saat memberikan keterangan kepada Wartawan.

Bahkan jika turun hujan, siswa harus berpindah ruang kelas yang lebih layak, sebab air dapat menggenangi ruang kelas tersebut. Parahnya lagi, ada siswa yang pernah kejatuhan plafon di sekolah ini.

“Ada tiga kelas yang kondisinya sangat memperihatinkan, apalagi musim penghujan tiba ruangan kelas ini digenangi air karena atap sekolah ini banyak yang bocor, sehingga para siswa harus mencari tempat lain untuk belajar,” ujar salah satu Guru, Tonny Evert Sirang.

Baca Juga : Di Sulut Hanya Bolmong yang Dapat Program Padat Karya

“Pernah saat proses belajar berlangsung, siswa tertimpa tripleks plafon, beruntung tidak apa apa karena ukukannya kecil,” sambung Tonny.

Meski kondisinya sangat memperihatinkan, sangat terlihat para siswa tetap semangat untuk belajar. Namun demikian, guru dan siswa disekolah ini berharap agar pemerintah kabupaten bolaang mongondow memperhatikan kondisi sekolah ini.

“Agar para siswa nyaman untuk belajar,” tutup Tony.