Penandatanganan kerjasama

ADVETORIAL –Pemerintah Kota Kotamobagu dan Badan Informasi Geospasial, melaksanakan penandatanganan bersama dalam rangka Penyelenggaraan, Pengembangan dan Pemanfaatan Data dan Informasi Geospasial di Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara.

Penandatangan dilakukan langsung oleh Wali Kota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara dan Kepala BIG, Prof. Dr. Hasanuddin Zainal Abidin di Kantor BIG Jalan Raya Jakarta – Bogor KM. 46 Cibinong, Jawa Barat, Jumat (8/12).

Hasanuddin dan Tatong Bara menunjukan hasil kesepakatan

Penandatanganan Kerjasama ini antaranya terkait penyelenggaraan informasi seperti pembangunan basis data geospasial, pemanfaatan informasi geospasial dasar dan tematik serta peningkatan kompetensi sumber daya manusia untuk informasi geospasial.

Tatong Baramemberikan cinderamata kepada kepala BIG

Wali Kota Tatong Bara pada sambutannya berharap dengan adanya kerjasama ini, BIG akan senantiasa membantu program pembangunan yang ada di Kota Kotamobagu mulai dari perencanaan, pada pelaksanaannya, pengawasan sampai dengan evaluasi terkait data dan informasi geospasial. Pada kesempatan yang sama, Tatong Bara juga berterima kasih atas kesepakatan bersama yang telah ditandatangani.

Kepala BIG Hasanuddin pada kesempatannya menjelaskan, produk utama dari BIG adalah peta dasar, peta-peta ini kemudian dibagikan kepada seluruh stakeholder. Peta dasar tersebut kemudian akan digunakan untuk penyusunan rencana detail tata ruang, reforma agraria dan lain sebagainya. Selain itu lanjut Hasanuddin, ada 85 peta tematik yang diintergrasikan oleh BIG dan untuk aksesnya akan diatur oleh pihaknya siapa saja yang bisa mengakses.

Selain Kota Kotamobagu, penandatangan kerjasama juga dilakukan oleh Bupati DR. Remigo Y. Berutu, MBA yang mewakili Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara. Sementara Tatong Bara didampingi oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Nasrum Gilalom dan Kepala Bagian Tata pemerintahan Setda Kota Kotamobagu.

Buka : Sejarah singkat Badan Informasi Geospasial