Tatong Bara saat melepas peserta Tonting Yudha Wastu Pramuka

ADVETORIAL –Wali Kota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara, melepas gerak jalan secara estafet pleton beranting atau Tonting Yudha Wastu Pramuka sejauh 250 kilo meter, Sabtu (16/12) pukul 09.00 WITA.

Sebanyak satu peleton dilepas dari lapangan Boki Hoti Nimbang Kotamobagu dan akan finish di Rindam XIII Merdeka, Tomohon. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Infanteri ke-69 yang dipusatkan di Kota Kotamobagu.

Brigjen Robert Giri memimpin upacara

Kegiatan diawali dengan upacara yang dipimpin langsung oleh Danrem 131/Santiago Manado, Brigjen Tni Robert Giri yang dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan serta pembacaan amanat Panglima Besar Jendral Sudirman dan Ikrar Korps Infanteri.

Pada kesempatan ini, Brigjen TNI Robert Giri mengatakan, korps infanteri korps angkatan darat terbesar indonesia yang memiliki mobilitas tinggi melalui pertempuran-pertempuran yang mengandung sejarah. Peringatan ini sebagai gambaran perjalanan gerilya pasukan siliwangi yang di pimpin Panglima Besar Jenderal Sudirman dalam merebut kemerdekaan.

Anggota TNI saat mengikuti upacara

Sementara Wali Kota Kotamobagu Ir. Tatong Bara usai melepas gerak jalan mengatakan, merupakan suatu kehormatan bagi warga kotamobagu atas diselenggarakannya kegiatan dalam rangka HUT Infanteri ke 69.

Kegiatan yang pertama kalinya digelar di Kotamobagu diharapkan dapat diambil hikmahnya dari sejarah yang ada. Dengan dilandasi semangat Yudha Wastu Pramuka, prajurit infanteri bersama rakyat menjadi kuat dan mandiri serta berkepribadian guna memperkokoh kemanunggalan TNI dan rakyat.

Atraksi anggota TNI

Turut hadir pada kesempatan ini, para Dandim se-Sulut dan Gorontalo, Kapolres Bolaang Mongondow dan jajarannya, Unsur Pemerintahan Kota Kotamobagu, Anggota DPRD, Tokoh Agama, Tokoh Adat serta tamu dan undangan.