Warga sedang merampungkan pembuatan pohon natal raksasa

KOTAMOBAGU –Menjelang hari Natal, umumnya umat kristiani saat memasuki bulan desember, telah disibukan dengan persiapan untuk menyambut hari dimana dipercaya sebagai hari kelahiran Yesus Kristus.

Demikian juga yang dilakukan oleh umat kristiani yang ada di Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara, terlebih khusus yang ada di Kelurahan Tumobui, Kecamatan Kotamobagu Timur.

Tak hanya rumah-rumah warga di kelurahan ini yang dihiasi berbagai pernak-pernik natal, dengan memanfaatkan areal persawahan, warga sejak sepekan terakhir bergotong royong untuk menghiasi area tersebut dengan segala atribut natal.

Baca

Mulai dari kandang domba, taman, lampion-lampion yang berbahan dasar plastik, bahkan pohon natal atau pohon terang setinggi 10 meter dibuat warga. “Pembuatan Pohon Natal sejak seminggu dikerjakan,” kata Lurah Tumobui, Youdi Tumbelaka, Rabu (6/12).   

Youdi mengatakan, antusias warga menyambut suka cita natal sehingga dengan sukarela menyumbangkan tenaga dan materi untuk membangun tempat ini. ”Dana yang terkumpul dari swadaya masyarakat.”

Sebelumnya ditempat yang sama, warga juga turut berpartisipasi pada malam monuntul atau malam pasang lampu yang biasa dilaksanakan oleh umat muslim menjelang hari raya idul fitri.

Toleransi umat beragama di Kotamobagu memang cukup tinggi, ini dibuktikan dengan penelitian indeks kota toleran oleh Setara Institute dan hasilnya, kota kotamobagu masuk sepuluh besar kota paling toleran di Indonesia