Foto : kemenkumham

KOTAMOBAGU – Presiden Joko Widodo dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menghadiri Peringatan Hari Hak Asasi Manusia sedunia ke-69 tahun 2017, yang dilaksanakan di Kota Solo, Minggu 10 Desember 2017.

Dalam sambutannya melalui siaran pers Kemenkumham Presiden Jokowi antara lain mengatakan, kewajiban dan tanggung jawab untuk melaksanakan perlindungan, pemenuhan, penghormatan, penegakan dan pemajuan HAM adalah tanggung jawab Pemerintah. Namun kewajiban ini tentu saja bukan semata-mata diemban pemerintah pusat, melainkan juga melekat di semua jajaran pemerintah daerah.

Baca

 

Faktor luasnya wilayah dan jenjang pemerintahan serta birokrasi, menyulitkan pemerintah pusat untuk dapat menjangkau masyarakat secara langsung. Secara vertikal pemerintah daerah lebih dekat dengan masyarakat, maka tugas keseharian pemerintah daerah berdampak langsung pada kondisi HAM.

Diakhir sambutannya Jokowi mengingatkan sebagaimana yang ada pada Rencana Aksi Nasional HAM yang tersisa 2 tahun lagi, fokus sasaran aksi HAM berikutnya adalah menitik beratkan dalam pemenuhan hak anak, hak perempuan, hak penyandang disabilitas, hak lanjut usia, hak masyarakat adat dan mengedepankan dan menjaga toleransi antar kelompok umat beragama maupun kelompok antar kelompok sesama masyarakat.

Nasrun GIlalom menerima penghargaan dari Menteri Yasonna

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Kota Kotamobagu bersama 231 Kab/kota lainnya mendapat penghargaan untuk kategori peduli HAM tahun 2016, sementara 84 lainnya masuk kategori cukup peduli HAM. Penghargaan diserahkan Menteri Yosanna dan diterima oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kota Kotamobagu, Nasrun Gilalom mewakili Wali Kota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara.

Parameter kepedulian HAM Kota Kotamobagu

Pada kesempatannya Nasrun mengatakan, untuk tahun ini, kota kotamobagu yang ketiga kalinya menerima penghargaan yang sama sejak tahun 2014. Ini tentu merupakan upaya pemerintah dibawah kepemimpinan Wali Kota Tatong Bara dalam memberikan pelayan publik yang baik sebagai wujud peningkatan HAM terutama untuk masyarakat kotamobagu.