RELIGI – Natal  datang setiap tahun dengan keceriaan bersama tumpukan hadiah yang mengesankan. Cerita hadiah yang diberikan Santa Claus bersama rombongan rusa pada malam-malam sebelum Natal selalu menyertai perayaan setiap tahunnya. 

Tapi tahukah kamu ada berapa banyak dan nama masing-masing rusa yang bersama Santa?  

Jika kamu tidak tahu berapa jumlah dan nama-nama rusa yang bersama Santa, maka kamu telah kehilangan arti Natal sebelum hal itu dimulai. 

Mulanya nama-nama rusa Santa Claus berasal dari puisi 1823 The Night Before Christmas, yang pada awalnya disebut A Visit From St. Nicholas.

Namun popularitas lagu Rudolph The Red Nosed-Reindeer pada tahun 1949 sehingga nama Rudolph ikut dimasukan bersama rusa lainnya untuk membawa rombongan Santa. 

Rudolph The Red Nosed Reindeer adalah sebuah cerita yang ditulis oleh Johnny Marks dan diterbitkan pada tahun 1939, dan 10 tahun kemudian rekaman musik Gene Autry menjadi hits di tangga lagu AS pada minggu Natal tahun 1949. 

Sementara nama rusa Santa lainnya dilansir metrocouk adalah Dasher, Dancer, Prancer, Vixen, Comet, Cupid, Donner dan Blitzen. 

Sebagaimana nama Donner yang dikenal juga sebagai Dunder dan Donder atau Blitzen juga bisa disebut Blixen atau Blixem, tergantung pada negara mengeja setiap nama dari rusa tersebut. 

Puisi The Night Before Christmas (Malam Sebelum Natal) yang ditulis oleh Clement Moore pada abad ke-19 beserta nama-nama rusa sampai saat ini masih terus digunakan untuk menyambut Natal.