Pengobatan gratis di Pobundayan

KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu melalui Dinas Kesehatan menggelar layanan kesehatan gratis untuk warga kotamobagu. Layanan kali ini berupa pengobatan, cek gula darah serta sunatan massal.

Kegiatan berlangsung di lapangan Kelurahan Pobundayan, Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara, Sabtu (25/11) pagi hingga sore hari.

Kepala Dinas Kesehatan, drg. Abdul Haris Mongilong menjelaskan, pengobatan massal merupakan bentuk kerja sosial dari Dinkes yang dilaksanakan setiap 3 bulan.

“Tujuannya untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada warga yang selama ini belum terjangkau dengan program yang dijalankan pemerintah,” kata Haris.

Menurutnya, kegiatan juga dilaksanakan sebagai upaya untuk mengurangi  atau menyembuhkan gangguan kesehatan yang ada pada masyarakat.

“Kegiatan seperti ini diharapkan dapat menurunkan angka kunjungan warga ke PKM atas keluhan sakit,” katanya.

Terpantau, ratusan warga rela mengantri untuk mendapatkan layanan pengobatan gratis. Warga sangat antusias dan merasa terbantu dengan kegiatan-kegiatan seperti yang dilakukan pemerintah saat ini.

“Kami sangat senang dengan kegiatan hari ini, Warga tak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkan pengobatan,” kata Nurlan Damopolii (61), warga pobundayan usai memeriksa kondisi kesehatannya.

Derita Safran, Sekian Tahun Kaki Diikat

Senada dengan Ibu Nurlan, Alima Mandeng (68) warga yang sama, datang untuk memeriksakan kondisinya yang sering mengalami sakit panas.

“Saya sering mengalami sakit panas. Jika kambuh, kulit terasa gatal,” keluh Ibu Alima.

Warga juga berterima kasih atas apa yang telah di lakukan pemerintah melalui kegiatan ini, sebab warga tak perlu mengeluarkan biaya untuk memeriksakan kesehatan.

“Terima kasih sudah meringankan beban kami, jelas ini sangat membantu,” ucapnya yang dibenarkan Ibu Nurlin.

Wali Kota Kotamobagu Raih Penghargaan Kompas Gramedia Sulut Award 2017