PORTAL MONGONDOW, ADVETORIAL – Pemerintah Kota Kotamobagu melaksanakan upacara peringatan hari pahlawan di lapangan boki hotinimbang, Jumat 10 November 2017. Wali Kota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara menjadi Inspektur Upacara.

Upacara dimulai dengan membunyikan sirene selama 60 detik kemudian dilanjutkan dengan pembacaan pesan-pesan pahlawan oleh 2 anggota kepolisian resort bolaang mongondow.

Wawali Djainudin Damopolii. unsur Forkopimda serta tamu dan undangan

Wali Kota Kotamobagu Ir. Tatong Bara pada amanat Menteri Sosial RI mengatakan, Para pendiri bangsa mengabarkan pesan penting kepada kita. Pesan itu adalah bahwa setelah kemerdekaan diraih, maka tahapan selanjutnya kita harus bersatu terlebih dahulu untuk bisa memasuki tahapan bernegara selanjutnya yakni berdaulat, adil dan makmur. Oleh karena pesan fundamental itulah maka peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun 2017 ini kita mengambil tema ‘Perkokoh Persatuan Membangun Negeri’.

Pembacaan pesan-pesan pahlawan

Tatong Bara melanjutkan, Bung Karno pernah menegaskan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republlk Indonesia.

Peserta Upacara

Upacara peringatan hari pahlawan dihadiri oleh Wakil Wali Kota Drs. Djainudin Damopolii, Sekkot Adnan Massinae, unsur Forkopimda, anggota DPRD, pimpinan SKPD, para veteran dan diikuti oleh anggota Polri, TNI, ASN serta siswa siswi.

Wali Kota bersama Kajari di TMP

Usai upacara, Tatong Bara menyerahkan bantuan kepada kelompok tani kemudian dilanjutkan dengan upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan di kelurahan mongkonai.

 

Penulis : Mathox Kadullah