KOTAMOBAGU – Pemerintah Provinsi Gorontalo tertarik dengan sistem data centre Pemerintah Kota Kotamobagu yang ada di Dinas Komunikasi dan Informatika. Hal ini di akui oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Pemprov Gorontalo, Fatma Biki, dalam kunjungannya bersama rombongan yang meninjau langsung ke Diskominfo Kotamobagu.

“Luar biasa ruangan data center dan command center hingga sistem pemanfaatan infrastruktur jaringan milik Kominfo Kotamobagu. Sangat Canggih,” puji Fatma, Rabu (8/11/2017).

Fatma menjelaskan, kunjungannya bersama rombongan ke Kotamobagu untuk mengadopsi sistem Smart City yang saat ini sedang dikembangkan Pemkot Kotamobagu. 

“Tujuan kami sebenarnya ingin melihat lebih dekat aspek pemanfaatan untuk pemerintah daerah terutama di Gorontalo,” terangnya.

Ia juga menambahkan, untuk kerjasamanya nanti, Pemprov Gorontalo akan terus melakukan koordinasi dengan pemerintah kotamobagu untuk pembangunannya hingga cara pemanfaatan untuk kepentingan publik.

“Nantinya Pemkot Kotamobagu dan pihak pengembang akan memberikan try out dalam memberikan solusi, terutama pemanfaatan yang ada selama ini di Kotamobagu,” ujarnya

Menanggapi kunjungan ini, Kepala Diskominfo Kotamobagu, Ahmad Yani Umar mengatakan, pihaknya telah memberikan pemahaman kepada rombongan dari Diskominfo dan Statistik Gorontalo.

“Menerima kunjungan dari Pemprov Gorontalo, persiapan sudah dimatangkan sejak kemarin. Tadi kami sudah perlihatkan ruangan serta cara kerja yang ada dan kami berharap kerjasama ini akan tetap terjalin. Pemerintah juga membuka diri jika ada pihak lain yang ingin studi banding ke kotamobagu,” ujar Yani.