PORTAL MONGONDOW, KOTAMOBAGU – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Kotamobagu telah menyatakan sikap atau pendapat terkait salah ucap mantan pejabat dilingkup pemerintahan kota kotamobagu.

Ada 6 poin sikap dari MUI Kota Kotamobagu yang dibacakan oleh ketuanya,Yusuf Dhani Pontoh, S.Ag, pada upacara peringatan hari pahlawan, jumat 10 november 2017 di lapangan Boki Hotinimbang.

Berikut pernyataan sikap dari MUI Kota Kotamobagu :

  1. Memberikan pendapat dari sisi keagamaan adalah merupakan pendapat dan sikap sesuai ajaran Islam berdasarkan AlqurAN dan Alhadits. Pendapat keagamaan ini, dikeluarkan sebagai kewajiban para ulama dalam menjaga agama dan mendorong kehidupan duniawi yang tertib, harmonis, penuh maslahat, serta memelihara kerukunan hidup antar umat beragama demi persatuan dan kesatuan bangsa.
  2. Menyesalkan ucapan salah seorang pejabat dilingkup Pemkot Kotamobagu, ucapan itu ditujukan kepada salah seorang tenaga honorer yang bernama yumi, di kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Kotamobagu yang beredar luas dimasyarakat. Ucapan tersebut jelas dirasakan oleh sdri Yumi telah menyentuh harkat dan martabat dan telah memasuki wilayah privat keyakinan seorang Muslimah dengan memberikan penilaian (Judgement). Dan ucapan sdr. Alex Saranaung tersebut menunjukan sikap tak baik sebagai seorang pejabat dan meminta kepada bersangkutan untuk meminta maaf secara resmi dan terbuka kepada tenaga honorer yang dimaksud.
  3. Memberikan apresiasi dengan sangat baik kepada Wali Kota Kotamobagu dan seluruh jajarannya yang terkait atas upaya penyelesaian kasus tersebut dari sisi pelanggaran kode etik ASN kepada sdr. Alex Saranaung.
  4. Menyampaikan rasa simpati kepada tenaga honorer yang bernama Yumi atas rasa malu dan tekanan kejiwaan dari sdr. Alex Saranaung.
  5. Karena penghinaan adalah sesuatu hal yang berindikasi pidana, maka sekiranya ada upaya hukum yang lain yang akan ditempuh oleh sdri Yumi maka adalah hak hukum dari yang bersangkutan.
  6. Menyerukan kepada seluruh umat Islam Kota Kotamobagu untuk tidak terpancing dengan isu-isu yang menyesatkan dan provokatif serta memecah belah. Kehidupan umat seraya menyerukan dan mengajak umat Islam yang ada di Kota Kotamobagu untuk tetap menjaga Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Wathoniyah dan terus memanjatkan doa kepada Allah SWT untuk kebaikan dan kemaslahatan kota kotamobagu.

Alex Meminta Maaf Kepada Umat Muslim, Yumi Cabut Laporan

Wali Kota Kotamobagu Copot Jabatan Alex Saranaung Dari Kepala DLH

Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017 di Kota Kotamobagu