Kondisi rumput saat ini di Gelora Ambang

PORTAL MONGONDOW, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu diminta untuk merenovasi Stadion Gelora Ambang serta membangun fasilitas-fasilitas olahraga lainnya. Kondisi stadion yang terletak di kelurahan Biga, kecamatan Kotamobagu Utara, Sulawesi Utara, saat ini cukup memprihatinkan. Jika dibiarkan, kondisinya akan lebih parah dan menjadi lahan tidur yang berada di tengah Kota Kotamobagu.

Berdasarkan pantauan, Jumat (17/11/2017), stadion yang pernah menjadi kebanggaan masyarakat atas prestasi tim sepakbola Persibom yang mampu berlaga di divisi utama liga sepak bola indonesia beberapa tahun lalu, terlihat cukup parah. Atap yang bolong, sampah berserakan dan rumput yang tumbuh liar serta menjadi tempat mengikat hewan ternak.

Kondisi atap bangunan utama stadion

Permintaan ini datang dari Dwi Akub (34), mantan atlit cabang olahraga renang, yang pernah mengharumkan nama bolaang mongondow ditingkat nasional maupun internasional.

“Gelora Ambang bagusnya bangun lagi fasilitas-fasilitas olahraga lainnya, seperti sepak bola, basket, atletik dan lain-lain,” kata wanita yang pernah meraih 7 medali emas The 2nd Islamic countries women sports games di Teheran, Iran dan 2 medali emas kejuaraan Asia Pacific di Taohsiung, Taiwan.

Menurut Wiwi panggilan akrab Dwi, selain membangun fasilitas olahraga, perlu adanya pembinaan terencana, berjenjang dan berkelanjutan untuk olahraga di Kota Kotamobagu.

“Khusus renang sudah baik. Alhamdulillah Pemerintah sangat perhatian. Dibeberapa cabang olahraga juga mulai terealisasi lewat honor yang diberikan kepada para pelatih,” ujar wiwi yang saat ini telah mengabdi di dunia pendidikan sebagai ASN guru di SMK Fajar Moyongkota, Bolaang Mongondow Timur.

Sampah di stadion

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Kotamobagu, Toni Ponongoa melalui Sekretaris Dispora, Bambang Mardianto mengatakan, Pemerintah berencana akan melakukan renovasi beberapa bagian stadion secara bertahap.

“Kami akan renovasi beberapa bagian yang ada distadion ini, seperti kolam renang, papan loncat indah, sirkuit motocross, pagar serta bangunan atlit dengan memanfaatkan dana bantuan dari gubernur sulut pada saat mengikuti Porpov di Tondano baru-baru ini,” kata Mardianto.

Lebih lanjut Mardianto menjelaskan, untuk renovasi secara keseluruhan stadion ini akan memakan anggaran yang cukup besar.

“Pemerintah akan mengajukan proposal ke Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk pembangunan stadion ini agar lebih baik lagi,” ujarnya.

(Video) Serunya Peserta Senam Sehat HKN 2017 di Kota Kotamobagu

(Video) Tarian Cuci Tangan Ala Dinkes Kotamobagu Hebohkan Tamu dan Undangan