PORTAL MONGONDOW, BOLMONG – Peserta Kirab Pemuda Nusantara (KPN) 2017 tiba di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, jumat 3 November 2017. KPN merupakan program Kementerian Pemuda dan Olahraga RI yang beranggotakan 34 pemuda yang diseleksi dari masing-masing provinsi se-Indonesia.

Di Bolmong, Peserta KPN memulai kegiatan hari sabtu 4 oktober 2017, antaranya mengunjungi tempat peribadatan yang ada di Desa Mopuya, mengunjungi tempat penangkaran burung maleo di Desa Tambun serta melakukan penanaman bibit pohon jenis duku di hutan lindung Dumoga Nani Wartabone, mengunjungi permandian air panas Bakan dan melihat rumah adat bolaang mongondow di Desa Mengkang.

Kadek Dwiantara, Salah satu peserta KPN 2017 asal provinsi Bali saat melihat langsung tempat peribadatan di Desa Mopuya menyatakan kekagumannya melihat tempat ibadah dari  3 agama berbeda yang berdiri berdampingan.

“Ini salah satu tempat yang luar biasa, karena jelas sekali ditempat ini dibagun pura, masjid dan gereja secara berdampingan, dan warganya sangat rukun tanpa ada perpecahan,” ucap Kadek.

Ia melanjutkan, ditempat asalnya tidak ada tempat seperti yang ada di Desa Mopuya, ini jelas menggambarkan kemajemukan dalam bingkai kebhinekaan.

“Di bali belum ada tempat ibadah yang dibangun secara berdampingan, semoga ini menjadi contoh
sehingga Indonesia menjadi satu kesatuan yang lebih erat dalam bingkai bhineka tunggal ika,” ujarnya.

Usai melakukan berbagai kegiatan di Bolmong, peserta KPN 2017 bertolak menuju Provinsi Gorontalo.

 

Penulis  :  Mathox Kadullah