Ilustrasi

PORTALMONGONDOW, NASIONAL – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI, menggelar jumpa pers yang dipimpin oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Samuel Abrijani Pangerapan atau Semmy, terkait konten negatif yang berkaitan dengan asusila dalam bentuk gambar GIF pada aplikasi Whatsapp (WA), senin 6 November 2017.

Semmy menyampaikan sejak menerima berbagai laporan masyarakat, Tim Aduan Konten langsung berkomunikasi dengan pihak facebook selaku perusahaan pemilik aplikasi WA.

“Hari minggu sore saya langsung hubungi pihak facebook melalui telepon selaku induk perusahaan dari layanan aplikasi WA,” ujar Semmy.

Baca :

Tim Aduan Konten yang melakukan analisa menemukan, konten asusila tersebut berasal dari penyedia konten GIF Tenor.com dan Giphy.com, yang merupakan aplikasi pihak ketiga dan bukan aplikasi yang disediakan oleh WA.

“Kemenkominfo telah melakukan komunikasi permintaan takedown kepada kedua penyedia konten, namun baru pihak Giphy yang bersedia melakukan filtering atas konten GIF yang masuk kategori asusila dan konten negatif,” ucapnya.

Sementara itu, pihak tenor.com belum memberikan konfirmasi sehingga kemenkominfo telah melakukan pemblokiran terhadap 6 DNS dari tenor yaitu tenor.com, api.tenor.com, blog.tenor.com, qa.tenor.com, media.tenor.com dan media1.tenor.com.

“Kemenkominfo juga telah memberikan peringatan kepada Whatsapp agar konten GIF asusila tidak muncul lagi di WA, apabila tidak dilaksanakan dalam waktu 2×24 jam maka akan dilakukan tindakan tegas termasuk pemblokiran,” tegas semmy melalui siaran pers No. 213/HM/KOMINFO/11/2017

 

Editor :  Mathox Kadullah