PORTAL MONGONDOW, KOTAMOBAGU – Forum Bobato Catatan Sipil (Boca) dibentuk pemerintah untuk mempercepat penyelesaian administrasi kependudukan bagi warga kota kotamobagu, antaranya penerbitan akta kematian dengan cepat dan tepat waktu sebagaimana yang diatur dalam peraturan walikota (Perwako) kotamobagu nomor 22 tahun 2017.

Menurut Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kotamobagu, Muliyono Mokodompit, Forum Boca dibentuk untuk mempermudah koordinasi terkait informasi kemasyarakatan.

“Apabila ada peristiwa kematian, akan diinformasikan lewat forum Boca ini, sehingga untuk penerbitan akta kematian dapat diterbitkan sesegera mungkin,” kata Muliyono.

Baca  : Disdukcapil Kota Kotamobagu Permudah Penerbitan Akta Kematian

Muliyono juga mengatakan, selain peristiwa kematian, informasi tentang kemasyarakatan juga dikoordinasikan dalam forum ini, contohnya pernikahan.

“Warga yang akan menikah juga secepatnya kami data, karena akan dibuatkan kartu keluarga,” lanjutnya.

Ia juga meminta warga untuk sekiranya dapat menginformasikan jika ada warga yang memerlukan bantuan langsung untuk penerbitan administrasi kependudukan.

“Kalau ada warga yang sakit parah atau tidak memungkinkan untuk datang ke kantor untuk mengurus KTP dsb, akan kami datangi dirumahnya,” jelas Muliyono.

 

Penulis : Mathox Kadullah