Foto : Istimewa

PORTAL MONGONDOW, NASIONAL – Sebagai wujud memberikan apresiasi kepada Insan Perfilman Indonesia yang telah memberikan hasil karya terbaiknya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerjasama dengan Badan Perfilman Indonesia (BPI) menyelenggarakan Festival Film Indonesia (FFI) tahun 2017.

Festival Film Indonesia yang diselenggarakan sejak tahun 1955 ini diinisiasi sebagai kegiatan sosial budaya yang berfungsi sebagai tolok ukur prestasi, apresiasi, dan promosi bagi film Indonesia. Penyelenggaraan FFI tahun ini dipersiapkan dan dilaksanakan oleh Panitia Festival Film Indonesia 2017. Panitia FFI 2017 dibentuk oleh BPI dan ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Kegiatan FFI tahun 2017 terdiri dari 1) Peningkatan apresiasi dan promosi film Indonesia melalui kegiatan workshop, diskusi, ceramah, sosialisasi, pemutaram film nominasi, kuis, dan kegiatan lain yang mendukung perkembangan perfilman Indonesia; 2) Kompetisi Film Cerita Panjang; 3) Kompetisi Film Pendek; 4) Kompetisi Film animasi Pendek; 5) Kompetisi Film Dokumenter Panjang; 6) Kompetisi Film Dokumenter Pendek; 7) Pemberian Penghargaan Khusus; 8) Malam Pengumuman Nominasi; dan 9) Malam Anugerah.

Penjurian FFI tahun ini dilakukan dengan visi merumuskan secara jelas karya-karya dengan pencapaian tertinggi. Terdapat tiga kriteria dalam penjurian, yakni 1) Kejernihan Gagasan dan Tema, film yang memiliki kejernihan gagasan dan tema yang relevan dengan situasi dan perkembangan zaman; 2) Kualitas Teknis dan Estetika, film dengan pencapaian teknis dan estetika berkualitas yang mendukung keutuhan gagasan serta tema; 3) Profesionalisme, film yang merefleksikan profesionalisme dan keterampilan pembuat film dalam mewujudkan gagasannya.

Penghargaan FFI berupa Piala Citra diberikan kepada Film Cerita Panjang dengan kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Cerita Asli Terbaik, Penulis Skenario Cerita Adaptasi Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Penata Efek Visual Terbaik, Peyunting Gambar Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penata Musik Terbaik, Pencipta Lagu Tema Terbaik, Penata Busana Terbaik, Penata Rias Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik, Pemeran Anak Terbaik. Selanjutnya kepada Film Pendek terbaik, Film Animasi terbaik, Film Dokumenter Panjang terbaik dan Film Dokumenter Pendek terbaik. Piala Citra yang diberikan kepada “Film Terbaik” disebut dengan Piala Citra Utama.

Malam Puncak Anugerah Piala Citra FFI 2017 dilaksanaan pada hari Sabtu 11 November 2017, di Manado, Sulawesi Utara.

 

Sumber : Humas Kemendikbud RI

Editor    :  Mathox Kadullah