Sumpah Pemuda

PortalMongondow, Kotamobagu – Ribuan orang yang terdiri dari Pelajar, Aparat Sipil, TNI, Polri, Anggota Legislatif, Yudikatif serta Eksekutif, menghadiri upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89, yang digelar Pemerintah Kota Kotamobagu, di Lapangan Boki Hotinimbang, sabtu 28 oktober 2017.

Wali Kota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara hadir dan bertindak selaku inspektur upacara pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89.

Pada upacara yang berlangsung khidmat dan lancar, Tatong Bara membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI yang berjudul ‘Pemuda Indonesia Berani Bersatu’ di hadapan para peserta upacara.

Sumpah Pemuda
Ir. Tatong Bara saat mambacakan Pidato Menpora RI

Dalam amanat yang dibacakan oleh Wali Kota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara mengutip apa yang pernah disampaikan Presiden RI pertama Ir. Soekarno : “Jangan mewarisi abu sumpah pemuda, tapi warisilah api sumpah pemuda. Kalau sekadar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa, dan satu tanah air. Tapi ini bukan tujuan akhir,”

Sumpah Pemuda
Ketua DPRD KK, Ahmad Sabir, Tatong Bara, Kadis P3A KK, Rafika Bora, Kapolres Bolaang Mongondow, Gani Siahaan

Terkait hal tersebut, masyarakat, terutama generasi muda, menggunakan momentum hari sumpah pemuda ini, dimaknai dengan membangun karakter yang lebih baik dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan meneladani semangat pemuda tahun 1928.

Tatong Bara melanjutkan, keteladanan ini juga kiranya mampu diimplementasikan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga kontrak yang ada dilingkup Pemerintahan, untuk lebih meningkatkan disiplin dan kinerja yang baik sehingga dapat mewujudkan pemerintahan yang baik dan benar.

Sumpah Pemuda
Forkopimda bersama Atlit Kota Kotamobagu

Usai upacara, Tatong Bara menyerahkan beberapa penghargaan dan bantuan berupa, mesin cetak batu bata, penyerahan buku mulok, penyerahan SK CPNS 2 siswa IPDN yang ditempatkan Kemendagri di Kota Kotamobagu, juga diserahkan bantuan kendaraan operasional dari pemerintah pusat kepada Dinas Perlindungan Anak (P3A).