PORTAL MONGONDOW, KOTAMOBAGU – Untuk lebih memaksimalkan penanganan medis kepada warganya, Pemerintah Kota Kotamobagu membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) Rumah Sakit.

“Tim ini menerima panggilan 1×24 jam bagi warga yang membutuhkan pertolongan medis kapan dan dimana saja,” ungkap Gunawan Ijom, Humas RSUD Kotamobagu yang juga Koordinator TRC Rumah Sakit, selasa 31 oktober 2017.

Gunawan menjelaskan, fungsi tim ini untuk lebih mempercepat penanganan medis, terutama pasien gawat darurat yang memerlukan bantuan segera.

“Jika memungkinkan, pasien gawat darurat akan langsung kami beri tindakan medis ditempat, semisal kecelakaan lalu lintas, serangan jantung atau ibu melahirkan,” ujarnya memberi contoh.  

Ia melanjutkan, didalam tim ini terdiri dari dokter, perawat serta bidan. Selain dirumah sakit, anggota tim juga akan ada di Puskesmas yang ada diwilayah kota kotamobagu.

Sementara ditanyakan jika ada laporan palsu, kepada portal mongondow.com ia mengatakan bahwa, tim akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk meminimalisir hal tersebut.

“TRC Rumah Sakit akan launching pada tanggal 29 november 2017, bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional. Sekalian sosialisasi bagaimana cara untuk menghubungi TRC Rumah Sakit,” tutupnya.

 

Penulis  : Mathox Kadullah