Penyerahan Akta Kematian kepada Keluarga yang berduka. (Foto : Portal Mongondow)

 

Kotamobagu, Portalmongondow – Dikeluarkannya Peraturan Wali Kota nomor 22 tahun 2017, tentang penerbitan akta kematian cepat dan tepat waktu,  direspon positif oleh warga Kotamobagu.

Hal ini diungkapkan warga kelurahan Motoboi Kecil, kecamatan Kotamobagu Selatan, Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara,  saat kami temui disela acara pemakaman, senin (16/10/2017). di kelurahan tersebut.

Nadjirudin Damopolii, mantan lurah motoboi kecil, mengatakan, adanya peraturan Wali Kota tentang akta kematian sangatlah membantu warga kotamobagu,

“Sebelumnya warga masih melakukan pengurusan langsung, selain menyita waktu, tidak sedikit juga biaya yang harus dikeluarkan, dengan adanya perwako ini, warga kotamobagu tidak diperhadapkan lagi dengan pengurusan yang berbelit-belit.” Ujar Nadjirudin.

Baca juga : Disdukcapil Kota Kotamobagu Permudah Penerbitan Akta Kematian

Hj. Kasma Daun, warga kelurahan Motoboi Kecil, salah satu keluarga  yang berduka,  mengungkapkan rasa syukur dengan adanya peraturan Wali Kota ini,

“Kami keluarga sangat terbantu dengan program ini, sehingga memudahkan kami yang lagi berduka, apalagi tidak dipungut biaya seperenpun, untuk itu saya mewakili keluarga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Kotamobagu,” ucap Kasma.

Keduanya juga mengharapkan program ini  terus berkesinambungan, karena ini sangat membantu warga Kotamobagu.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Kotamobagu, melalui Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Virgina Olii telah menjelaskan terkait Peraturan Wali Kota nomor 22 tahun 2017 tentang penerbitan akta kematian cepat dan tepat waktu.

“ Penerbitan akta kematian secara cepat dan tepat waktu, kami lakukan untuk menanggapi keluhan warga yang merasa pengurusannya terlalu lama,”

“Warga juga tak perlu repot untuk pengurusan akta kematian, sebab seluruhnya akan kami urus kemudian diserahkan langsung kepada keluarga yang berduka,” terang Virgina.

 

Penulis : Mathox Kadullah