Channy Wayong saat menghadiri Peringatan Bulan PRB di Sorong, Papua Barat

 

Portalmongondow, Bolmong – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong, berharap program sekolah sungai  dapat dicanangkan diwilayah Bolmong.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Bolmong, Channy Wayong mengungkapkan, pihaknya telah mengajukan permohonan bantuan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“ Ada beberapa Permohonan yang kami ajukan, tapi akan disurvei dulu, penentuannya ada di BNPB, siapa tahu program sekolah sungai yang akan diterapkan nanti,” kata channy.

Ia menjelaskan, tujuan dari gerakan sekolah sungai adalah untuk melatih dan membekali calon fasilitator untuk  meningkatkan kapasitas dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya air dan sungai di daerah dalam rangka gerakan pengurangan risiko bencana.

“ Gerakan sekolah sungai diharapkan dapat menciptakan  jejaring atau komunikasi pinggiran sungai sebagai agen restorasi sungai sebagai bagian dari kaderisasi dalam memperkuat dan mengembangkan gerakan pengurangan risiko bencana,” ujarnya mengutip pernyataan Kepala BNPB, Willem Rampangilei.

Baca juga : Pengukuhan Gerakan Sekolah Sungai Papua Barat sebagai Upaya PRB

Bolmong merupakan wilayah yang memiliki risiko bencana cukup tinggi, sehingga pemerintah selalu berupaya untuk meminimalisir terjadinya bencana.

“ Ini penting untuk upaya pengurangan risiko bencana, mudah-mudahan tahun 2018 bisa terealisasi,” harapnya.

Sampai dengan tahun 2017, BNPB menargetkan 42 Sekolah Sungai untuk PRB, 23 sudah terlaksana di tahun 2016 dan 19 akan dilaksanakan pada tahun ini.

 

Penulis  : Mathox Kadullah