akses data kependudukan
Agung Adati ST, MSi
akses data kependudukan
Agung Adati ST, MSi

Kotamobagu, portalmongondow.com – Perhatian terhadap sector wisata di Kotamobagu diseriusi oleh pemerintah daerah setempat. Hal ini tercermin dari pernyataan Kepala Dinas Pariwisata Kotamobagu Agung Adati ST MSi, yang mengatakan kalau Pemkot Kotamobagu saat ini telah membentuk Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Kotamobagu (TP3K).

“Tim ini diharapkan untuk mendukung pengembangan pariwisata melalui program-program yang menunjang pengembangan pariwisata di Kotamobagu, dengan mengutamakan peran serta masyarakat” ujar Agung,

Kedepan, Agung mengatakan pihaknya telah melirik pengembangan potensi destinasi pariwisata, di  Desa Kobo Kecil. “TP3K yang ketuai lansung oleh Sekda Kota Kotamobagu, akan mendorong keterlibatan masyarakat dalam proses perencanaan, pengembangan, pengelolaan dan monitoring. Dengan demikian diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitar lokasi wisata,” terang Agung yang diketahui saat ini tengah Diklat PIM II di BPSDM Bandung.

Dia juga menjelaskan, bahwa pengembangan Desa Wisata, sejalan dengan tugasnya di PIM II yaitu membuat rancangan proyek perubahan (RPP) dengan judul Strategi Pengembangan Pariwisata di Kota Kotamobagu melalui pembentukan desa wisata berbasis masyarakat (Community Based Tourism).

“Pemilihan Desa Kobo Kecil sebagai pilot projek destinasi wisata karena ada 2 alasan yakni mempunyai sumber daya alam yaitu Air Terjun , Pegunungan,  Sungai dan Persawahan yang indah. Kedua, desa tersebut memiliki tradisi budaya lokal yang masih terpelihara. Kita berharap akan bisa mulai action karena sudah memiliki detail Engineering Design (DED). Pada 2018 juga, selain Kobo Kecil, ada 4 desa yang akan menyusul yakni Poyowa Besar, Mongkonai Barat, dan Desa Sia serta Bilalang 1,” pungkas Papa Fatur, sapaan akrabnya. (tr1)