Kepala Disbudpar Kotamobagu Agung Adati saat memaparkan konsep strategi pengembangan pariwisata

Kotamobagu, portalmongondow.com, – Konsep Desa Wisata Berbasis Masyarakat digagas oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar). Hal ini terungkap dari penuturan Kepala Disbudpar Kotamobagu Agung Adati ST Msi, saat memaparkan startegi pengembangan pariwisata di Kotamobagu beberapa waktu lalu,

“Kami berencana untuk membentuk desa wisata berbasis masyarakat atau pola CBT (Community Based Tourism), dimana Desa Kobo Kecil, akan menjadi salah satu Desa Wisata di daerah ini yang akan menerapkan konsep tersebut,” ujar Agung.

Agung menambahkan, dipilihnya Kobo Kecil sebagai desa wisata dilakukan olehnya setelah mempertimbangkan sejumlah factor pendukung.

yaitu tahun ini akan disbudpar akan menetapkan desa kobo kecil kecamatan kotamobagu timur. “Alasan dipilihnya desa kobo kecil sebagai desa wisata, karena desa kobo kecil setelah dilakukan survey, memenuhi unsur  3A pendukung dikembangkannya  pariwisata local yaitu atraksi (pertunjukan tarian local daerah) aksebilitas (kemudahan akses) dan amenitas (unsur pendukung seperti home stay, pos keamanan, pos kesehatan dan lain-lain),” tambahnya.

Menurut Agung, Desa kobo kecil memiliki potensi alam yang unik dan menarik seperti adanya wisata air terjun, persawahan, kolam pemancingan serta tradisi local adat istiadat setempat yang masih terpelihara sampai dengan saat ini. “Selain itu dari segi aksebilitas, lokasi wisata yang terletak di desa kobo kecil mudah untuk dijangkau. Demikian juga dari segi amenitasnya sangat mendukung untuk pengembangan pariwisata local,” tutupnya. (tr1)