Foto : Humas Pemkab Bolmong

 

Portalmongondow, Bolmong – Desa Lolanan, Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara (Sulut),menjadi desa santri di Bolmong.

Dicanangkannya lolanan sebagai desa santri, diresmikan oleh Bupati Bolmong, Yasti S. Mokoagow, pada peringatan hari santri nasional ke-3 sulawesi utara, minggu (22/10/2107), di pesantren Al Lutfi, Desa Lolanan.

Yasti menjelaskan, pencanangan lolanan sebagai desa santri sebagai bentuk penghargaan pemerintah Bolmong atas jasa santri bagi bangsa Indonesia.

“Ini merupakan bentuk penghormatan dan pengakuan kepada para ulama dan santri yang telah berjasa pada bangsa ini,” ucap Yasti.

Baca Juga : Hari Santri Nasional ke-3 di Sulawesi Utara, Yasti : Teladani KH. Mohammad Hasyim Asy’ari

Yasti juga mengharapkan santri masa kini mampu menjaga kemerdekaan dengan selalu berjalan atas ketentuan Allah SWT.

“Santri yang ada dipesantren dan diluar pesantren, sebagai anak bangsa, khususnya di Bolmong, hendaknya mewarisi semangat fisabilillah untuk memperkuat jiwa religius keislaman dan jiwa nasionalisme kebangsaan,” pesannya.

Pada kesempatan yang sama, Ia juga menyampaikan bahwa,ditahun 2018, Pemerintah Kab. Bolmong, telah menganggarkan pembangunan pondok pesantren AL Lutfi sebesar 500 juta rupiah.

 

Penulis : Mathox Kadullah