Sosialisasi Desa Wisata oleh Kepala Disbudpar Kotamobagu dihadapan warga dan pemerintah Desa Kobo Kecil
Sosialisasi Desa Wisata oleh Kepala Disbudpar Kotamobagu dihadapan warga dan pemerintah Desa Kobo Kecil

Kotamobagu, portalmongondow.com, – Rencana pembentukan desa wisata di Kotamobagu rupanya tidak main-main. Terbukti, Senin (09/10/2017) malam lalu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotamobagu mulai turun ke Desa Kobo Kecil, dalam rangka melakukan sosialisasi rencana pembentukan desa wisata di wilayah itu. “Sosialiasi ini kami lakukan, agar warga dan pemerintah bisa mengetahui dengan detail, bagaimana konsep yang akan dijalankan pada saat daerah ini menjadi desa wisata kedepan,” ujar Kepala Disbudpar Kotamobagu Agung Adati ST, MSi,

Agung mengatakan kalau desa wisata yang nanti akan dibentuk di Kobo Kecil tersebut, menurut Agung akan lebih memberdayakan masyarakat. Dimana, nantinya hal ini akan dikelola oleh warga di Kobo Kecil. “Jadi konsepnya adalah community based tourism, dimana masyarakat akan dilibatkan langsung dalam pengelolaan desa wisata ini,” tambahnya.

Agung pun menambahkan kalau sosialiasi tersebut mendapatkan respon positif dari pemerintah dan masyarakat yang ada di Kobo Kecil. “Sambutannya sangat positif, dan kami sudah meminta masyarakat dan pemerintah membentuk unsur pendukung diantaranya adalah kelompok sadar wisata (pokdarwis) dan sanggar seni dalam rangka menyongsong pembentukan desa wisata itu,” tutupnya. (tr1)