pilsang antar waktu
Kabag Tapem Pemkot Kotamobagu, Anas Tungkagi
pilsang antar waktu
Kabag Tapem Pemkot Kotamobagu, Anas Tungkagi

Kotamobagu, portalmongondow.com – Pemilihan Sangadi (Pilsang) antar waktu desa Tabang yang rencananya digelar pada 12 Oktober 2017, bulan depan, akan diikuti tiga calon sangadi. Ketiga kandidat tersebut, yakni Junius Dilapanga, Joko Prasojo dan Dat Potabuga.

Ketua panitia Pilsang antar waktu desa Tabang, Fadly Mokoagow, Senin (25/09/2017), mengatakan, sebelumnya terdapat delapan bakal calon yang mengambil formulir pendaftaran, namun hanya tiga orang saja yang mengembalikan berkas.

“Yang mendaftar ini hanya tiga orang saja, jadi tidak ada lagi ujian tertulis. Selanjutnya kita akan melakukan verifikasi sampai 2 Oktober, sebelum kemudian dilakukan penetapan calon yang memenuhi syarat administrasi,” terang Mokoagow.

Sementara Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Pemkot Kotamobagu, Anas Tungkagi, mengatakan, pilsang antar waktu desa Tabang ini, tidak akan dilakukan dengan system pemilihan langsung, melainkan hanya dipilih oleh unsur perwakilan desa, seperti unsur aparat desa, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan, perwakilan kelompok tani, pengrajin, tenaga profesi serta pemerhati perempuan.

“Setiap perwakilan hanya tiga orang, itupun diundi,” ujar Tungkagi. (*)