program penghijauan
Kepala BLH Kotamobagu, Alex Saranaung
program penghijauan
Kepala BLH Kotamobagu, Alex Saranaung

Kotamobagu, portalmongondow.com – Pohon mahoni dan sirsak akan digunakan untuk menghijaukan wilayah kota Kotamobagu. Sekitar 6000-an bibit disiapkan Pemerintah Kota Kotamobagu guna menyukseskan program penghijauan tersebut.

Dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotamobagu, Alex Saranaung, Jum’at (15/09/2017), pihaknya telah memerintahkan para petugas kebersihan untuk menanam masing-masing satu pohon setiap harinya di wilayah tugas masing-masing, sesuai instruksi walikota Tatong Bara.

“Setiap hari ada dua ratus pohon yang ditanam, sesuai jumlah petugas kebersihan. Dan ini merupakan instruksi walikota,” ujar Saranaung.

Menurut Saranaung, dipilhnya kedua jenis pohon ini dalam program penghijauan Kotamobagu, lantaran keduanya memiliki akar yang kuat dan kokoh, namun tidak berpotensi merusak pondasi dan jalan.

“Pohon mahoni itu tidak merusak pondasi sebab akarnya tidak melebar,” terangnya.

Hingga saat ini telah ada sedikitnya 5000-an bibit mahoni dan sirsak yang ditanam. Namun menurut rencana, pihaknya juga akan mengajukan penambahan sebanyak 2000-an bibit untuk tahun 2018 mendatang. (*)