aplikasi go-waslu
Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dalam rangka Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kotamobagu tahun 2018, oleh Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara
aplikasi go-waslu
Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dalam rangka Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kotamobagu tahun 2018, oleh Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara

Kotamobagu, portalmongondow.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) meminta masyarakat Kotamobagu dalam menghadapi Pemilu, terutama Pemilihan Walikota tahun 2018 nanti, bisa pro aktif melaporkan setiap kecurangan di lapangan, melalui Aplikasi Go-Waslu.

Dengan adanya aplikasi tersebut, Pimpinan Bawaslu Sulut, Johnny Alexander Suak, berharap masyarakat tidak perlu ragu dalam melaporkan setiap kecurangan yang didapati selama berlangsungnya proses Pemilukada, sebab pihaknya menjamin kerahasiaan identitas dan lokasi pelapor.

“Biasanya masyarakat ada keengganan untuk melapor sebab takut diperiksa terkait laporannya. Namun dengan adanya aplikasi Go-Waslu ini, masyarakat tidak perlu khawatir. Baik identitas maupun lokasi si pelapor dijamin kerahasiaannya,” ujar Suak, saat menyampaikan materi dalam kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif  Dalam Rangka Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kotamobagu Tahun 2018, di Kinalang Room, Sutan Raja Hotel, Selasa (05/09/2017), siang tadi.

Dikatakan dirinya, dalam melaporkan kecurangan nantinya, masyarakat cukup menjadi pemberi informasi awal, untuk selanjutnya menjadi domain Bawaslu dalam hal tindak lanjut.

“Bawaslu tentu tidak bisa melakukan pengawasan sendiri. Dibutuhkan peran serta sikap pro aktif masyarakat. Dan dalam melaporkan kecurangan melalui aplikasi Go-Waslu ini, masyarakat cukup memberi informasi awal saja. Nanti petugas kita yang akan melakukan cross cek dan tindak lanjut di lapangan,” tandasnya. (man)