kesempatan magang
Kepala Disperinnaker Kotamobagu, Hidayat Mokoginta
magang ke jepang
Kepala Disperinnaker Kotamobagu, Hidayat Mokoginta

Kotamobagu, portalmongondow.com – Para pencari kerja di Kotamobagu, khususnya yang berlatar pendidikan SMK jurusan teknik dan bangunan, diberi peluang untuk magang kerja ke Negeri Sakura, Jepang.

Adalah Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan (Disperin-Naker) kota Kotamobagu, yang membuka peluang tersebut.

“Magang ke Jepang ini hanya dikhususkan untuk lulusan SMK pada jurusan teknik dan bangunan,” ujar Kepala Disperin-Naker Kotamobagu, Drs Hidayat Mokoginta, Selasa (01/08/2017), kemarin.

Dijelaskan Mokoginta, untuk bisa mengikuti program ini, para calon pelamar diberi syarat cukup mudah, yakni hanya cukup menyertakan identitas kependudukan sebagai warga Kotamobagu, seperti KTP dan Kartu Keluarga.

Selain itu, para pelamar juga nantinya diharuskan mengikuti serangkaian tes, seperti tes matematika, tes kesehatan, fisik (kesamaptaan), serta wawancara. Jadwal tes itu sendiri akan dilaksanakan pada 30 Oktober hingga 3 November 2017, mendatang.

“Untuk itu bagi masyarakat Kotamobagu yang berniat bekerja di Jepang bisa mempersiapkannya. Untuk kapan pendaftaran dan dimana, kami masih menunggu informasi lebih lanjut dari Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sulawesi Utara,” terangnya. (*)