kebakaran gogagoman
Puing-puing bekas kebakaran di Kelurahan Gogagoman
kebakaran gogagoman
Puing-puing bekas kebakaran di Kelurahan Gogagoman

Kotamobagu, portalmongondow.com – Kebakaran hebat yang melanda RT 15, Kelurahan Gogagoman, Jum’at (28/07/2017), dini hari tadi, mengundang perhatian khusus Walikota, Ir Tatong Bara.

Meski saat kejadian, Tatong sedang menjalankan tugas dan menghadiri sejumlah kegiatan di Ibukota Negara, Jakarta, namun dirinya langsung memerintahkan sejumlah jajaran SKPD terutama yang tergabung dalam Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk turun ke lokasi dan melakukan pendampingan terhadap para korban kebakaran.

“Saya minta kepada jajaran terutama instansi terkait supaya seluruh korban didampingi, dipenuhi kebutuhan mereka. Setelah itu kita akan pikirkan bagaimana langkah berikut. Meski saya sedang jalankan tugas di luar daerah, saya terus memantau dan memikirkan langkah-langkah yang akan dilakukan terhadap para korban,” kata Tatong.

Berbagai bantuan terus mengalir dari Pemkot Kotamobagu. Mulai dari lokasi tinggal sementara para korban, kebutuhan pokok seperti makan dan minum, perlengkapan sekolah anak- anak, hingga pengurusan dokumen kependudukan dan ijazah para korban yang hangus terbakar. Tak hanya itu, setiap saat kondisi kesehatan para korban dipantau petugas kesehatan yang disiagakan.

Bahkan Sabtu (29/7) pagi tadi, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot diperintahkan bekerja bakti membersihkan puing- puing di lokasi kebakaran. Jajaran Polres Bolmong juga turun tangan membantu.

“Kerugian materi sedang dipikirkan. Saat ini kita fokus dulu pada penanggulangan korban. Kebutuhan selama di pengungsian, termasuk keberlangsungan pendidikan anak- anak,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotamobagu Refly Mokoginta. (*)