simpang empat kotobangon
Sekretaris Dinas Perhubungan Kotamobagu, Hendra Makalalag
program mudik gratis
Sekretaris Dinas Perhubungan Kotamobagu, Hendra Makalalag

Kotamobagu, portalmongondow.com – Pemerintah Kota Kotamobagu, melalui Dinas Perhubungan (Dishub), menggagas program mudik gratis Lebaran, 1 Syawal 1438 Hijriyah, tahun ini.

Sayangnya, meski telah menyiapkan sejumlah armada bus bagi warga Kotamobagu, khususnya yang berasal dari Manado dan Gorontalo, namun program tersebut, tampaknya sepi peminat.

Kepala Dishub Kotamobagu, Dolly Zulhadji, melalui Sekretaris, Hendra Makalalag, Jum’at (23/06/2017), mengungkap, kurangnya minat warga bisa dilihat dari jumlah pendaftar sejauh ini.

“Kuota tidak mencukupi. Idealnya, dalam satu bus berjumlah 20 orang. Tapi yang mendaftar hanya 11 orang untuk jurusan Gorontalo. Kalau ke Manado, malah tidak ada yang mendaftar,” ungkap Makalalag.

Dirinya memperkirakan, kurang diminatinya program tersebut, disebabkan banyaknya warga yang lebih memilih mudik menggunakan kendaraan pribadi ketimbang angkutan umum.

“Mungkin banyak yang pakai kendaraan pribadi, jadi hanya sedikit sekali yang mendaftar,” ungkapnya.

Kondisi tersebut, tentu sangat disayangkan pihaknya, terlebih dengan adanya upaya sosialisasi yang dianggap telah maksimal, diantaranya melalui pemberitaan media serta pengumuman langsung, baik melalui lisan maupun tulisan yang terpampang di terminal.

“Sosailisasi sudah maksimal, tapi begitulah. Banyak yang menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik,” tukasnya. (*)