hari lahir pancasila

Advertorial

hari lahir pancasilaKotamobagu, portalmongondow.com – Walikota Kotamobagu, Ir Tatong Bara, memimpin langsung pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Kamis, 1 Juni 2017, di Kotamobagu.

Dalam upacara bertajuk ‘Saya Indonesia, Saya Pancasila’, Tatong mengajak jajaran dan segenap warganya menjadikan peringatan Hari Lahir Pancasila sebagai momentum untuk lebih meneguhkan rasa nasionalisme, kebhinekaan dan keberagaman.

“Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Pancasila merupakan jiwa besar para founding father para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara sehingga kita bias membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita,” kata Tatong usai menghadiri upacara.

Walikota Perempuan Pertama di Kotamobagu ini juga mengajak segenap warga Kotamobagu untuk menghormati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila yang telah menjadi konsensus para pendiri bangsa.

“Saat ini tugas kita adalah untuk membesarkan bangsa Indonesia bukan untuk memperdebatkan hal-hal yang sudah disepakati bersama. Negara kita sekarang butuh solusi-solusi untuk negara Indonesia lebih besar, bermartabat, maju, sehingga masyarakat lebih baik lagi, dapat keadilan dan hidup dengan damai dan tentram,” ujarnya.

Tak hanya itu, dirinya juga berharap konsep dasar ke-Indonesiaan bisa dipelajari secara mendalam oleh generasi penerus bangsa di Kotamobagu, agar bisa melahirkan konsep dan gagasan menuju Kotamobagu yang lebih baik.

Dalam upacara itu sendiri, peran untuk membacakan sambutan Presiden RI, Joko Widodo, dibawakan oleh Dandim 1303 Bolaang Mongondow, Letkol. Inf. Sampang Sihotang. Sejumlah pejabat yang turut hadir dalam upacara ini, diantaranya, Ketua DPRD Kotamobagu, Hi Ahmad Sabir, Wakapolres Bolmong, Kompol Apri Wibowo, Sekda Kotamobagu ,Tahlis Gallang serta para kepala SKPD dan jajaran PNS di Lingkup Pemkot Kotamobagu dan unsure TNI Polri. (adve/man)