lebaran ketupat di kotamobagu
ilustrasi
lebaran ketupat di kotamobagu
ilustrasi

Kotamobagu, portalmongondow.com – Pelaksanaan Lebaran Ketupat di Kotamobagu untuk tahun 2017 ini, akan digelar di sejumlah lokasi di empat Kelurahan. Informasi dihimpun, empat kelurahan yang rencananya menggelar tradisi setiap usai Lebaran Idul Fitri ini, diantaranya Kelurahan Gogagoman, Kelurahan Sinindian, Kelurahan Mongkonai Barat, serta Kelurahan Mongkonai Induk.

Menurut Lurah Gogagoman, Vanny Pudul, pelaksanaan Lebaran Ketupat di wilayahnya, akan diserahkan ke masing-masing RT, dimana sejumlah kegiatan juga akan dilaksanakan berbarengan dengan tradisi Lebaran Ketupat.

“Untuk tahun ini, pelaksanaannya diserahkan ke masing-masing RT, dimana untuk RT 24, akan turut diramaikan lomba panjat pinang,” ungkap Pudul.

Hal senada juga diungkap Lurah Sinindian, Rolly Adati.

“Tahun ini tidak akan dipusatkan di lapangan, namun ada beberapa RT yang akan menggelar Lebaran Ketupat di wilayah masing-masing,” ujar Adati.

Sementara dua kelurahan bertetangga, yakni Kelurahan Mongkonai Barat dan Mongkonai Induk, pun tak ketinggalan melaksanakan tradisi yang lazimnya dilaksanakan sepekan usai Lebaran Idul Fitri, 1 Syawal. Dimana untuk Kelurahan Mongkonai Barat dilaksanakan di dua titik, masing-masing depan Masjid Al-Fadjri dan Masjid Ar-Rayan, sementara Kelurahan Mongkonai Induk menggelar di Lapangan Mongkonai.

Pemkot Kotamobagu sendiri, menurut informasi, sejauh ini baru menerima undangan pelaksanaan Lebaran Ketupat di Kelurahan Mongkonai.

Diketahui, Lebaran Ketupat merupakan sebuah tradisi yang marak dilaksanakan di sejumlah daerah, dengan merujuk pelaksanaan ibadah puasa sunnah selama 6 hari di bulan Syawal, sehingga tradisi tersebut acap kali disebut juga sebagai Hari Raya Sunnah. (*)