pengunduran diri kadis pertanian
Sekda Kotamobagu, Adnan Masinae
alasan pemkot pindah pasar senggol
Sekda Kotamobagu, Adnan Masinae

Kotamobagu, portalmongondow.com – Pelaksanaan pasar senggol tahun 2017 ini, rencananya akan dipindah dari kelurahan Gogagoman ke desa Poyowa Kecil. Menyikapi polemik yang terjadi seiring kebijakan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kotamobagu, Adnan Masinae, pun angkat bicara.

Menurut Adnan, pemindahan dilakukan sebagai upaya Pemerintah melakukan pemerataan ekonomi, sekaligus sebagai upaya promosi terhadap Pasar Tradisional desa Poyowa Kecil, yang baru ‘seumur jagung’.

“Jadi tidak perlu dipolemikkan. Ini semata-mata untuk mengenalkan pasar Poyowa Kecil,” ujar Adnan, belum lama ini.

Sementara Walikota Kotamobagu, Ir Tatong Bara, mengungkap, pemindahan tersebut, sejatinya sudah direncanakan sejak tahun 2016 lalu. Bahkan, menurut Tatong, hal sama pun akan dilakukan di Pasar Genggulang, tahun depan, sebagaimana permintaan lurah Genggulang.

“Ini semata-mata untuk memperkenalkan pasar Poyowa Kecil, agar bisa lebih aktif lagi,” terang Tatong.

Dirinya pun menepis anggapan sejumlah kalangan bahwa pemindahan tersebut hanya berimbas pada terurainya kemacetan yang kerap terjadi di pusat kota Kotamobagu, acap kali memasuki lebaran.

“Kalau hanya memecahkan persoalan kemacetan, setiap pasar pasti macet. Tapi, lebih dari itu, ini kita lakukan untuk mengenalkan pasar tradisional yang baru beroperasi dan memberikan harapan baru kepada para pedagang yang akan berjualan di pasar tersebut,” tandas Tatong. (*)